Besaran Pokok dan Besaran Turunan

A. Besaran Pokok (Base Quantities)

Besaran yang digunakan dalam fisika dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok (Base Quantities) dan besaran turunan (Derived Quantities). Besaran pokok adalah besaran adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Besaran pokok (base Quantities) ada tujuh buah. Ketujuh besaran pokok tersebut dapat kamu lihat pada tabel berikut ini,

No Besaran Satuan Lambang Satuan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
panjang
massa
waktu
suhu
kuat arus
intensitas cahaya
jumlah zat
meter
kilogram
sekon
kelvin
ampere
kandela
mol
m
kg
s
K
A
cd
mol

1.  Standar dan Alat Ukur Panjang

Panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang. Menurut satuan SI, besaran panjang dinyatakan dalam meter. Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon. Besaran panjang diukur dengan menggunakan mistar , stikmeter (meteran gulung), jangka sorong, dan mikrometer skrup. Adapun ketelitian dari masing masing alat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Mistar (ruler)  memiliki ketelitian 1 mm
  • stikmeter (measuring tape) memiliki ketelitian 1 mm
  • Jangka sorong (Vernier Calipers) ketelitiannya 0,1 mm
  • Mikrometer Skrup (micrometer screw gauge) ketelitiannya 0,01 mm

2.  Standar dan Alat Ukur Massa

Massa suatu benda adalah banyak zat yang dikandung benda tersebut. Menurut satuan SI, satuan massa adalah kilogram (kg). Dalam kehidupan sehari hari, kita sering menggunakan istilah berat. Misalnya, berat badan Budi 55 kg. Menurut fisika ungkapan tersebut tidak tepat, karena 55 kg adalah massa badan Budi. Berat dalam fisika memiliki pengertian yang berbeda dengan berat dalam kehidupan sehari hari. Menurut fisika, berat adalah gaya yang dialami oleh suatu benda yang mempunyai massa yang diakibatkan karena adanya gaya tarik bumi. Sesuai dengan pengertian ini, maka berat suatu benda di tempat tempat yang berlainan mungkin berbeda beda tergantung besarnya gaya grafitasi di tempat tersebut.

Satu kilogram didefinisikan sebagai massa dari suatu silinder yang dibuat dari campuran platina-iridium yang disebut kiligram standar, yang disimpan di Lembaga berat dan ukuran Internasional di Paris, Perancis. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran massa adalah neraca. Terdapat beberapa jenis neraca, antara lain neraca duduk, neraca elektronik, dan neraca lengan.

3.  Standar dan Alat Ukur Waktu

Satuan standar untuk waktu adalah seko atau detik. Satu sekon didefinisikan sebagai selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran waktu antara lain arloji dan  stopwatch.

4.  Standar dan Alat Ukur Suhu

thermometer1 Suhu merupakan derajat panas dinginnya suatu benda. Satuan standar untuk suhu adalah Kelvin. Satuan lain yang sering digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius, sedangkan di Amerika dan Inggris pada umumnya menggunakan derajat fahrenheit. Alat untuk mengukur suhu adalah termometer. Untuk mengetahui lebih jauh tentang suhu, akan dibahas lebih rinci pada artikel berikutnya.

B. Besaran Turunan (Derived Quantities)

Besaran turunan adalah besaran yang satuan satuannya diturunkan dari satuan-satuan besaran pokok. Jumlah besaran turunan sangat banyak, semakin berkembangnya ilmu fisika, dimungkinkan akan muncul lagi besaran turunan yang baru. Contoh besaran turunan yang sekarang dikenal dapat kamu lihat pada tabel berikut ini.

No. Besaran Satuan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
luas
volume
kecepatan
gaya
massa jenis
daya
usaha
meter persegi
meter kubik
meter per sekon
newton
kilogram per meter kubik
watt
joule

Alat Ukur Besaran Turunan

Pada pembahasan alat ukur sebelumnya, seluruhnya termasuk alat ukur besaran pokok. Bagaimanakan mengukur besaran turunan? Saat ini banyak besaran turunan yang dapat diukur secara langsung, artinya sudah ada alat ukurnya. Misalnya, tekanan udara diukur dengan barometer, gaya diukur dengan dinanometer. dan volume air diukur dengan gelas ukur. Sementara itu untuk mengukur luas atau volume suatu benda yang bentuknya beraturan kita dapat menggunakan rumus matematika. Ayo buka lagi pelajaran Matematika SD yang sudah kamu pelajari :). Lalu bagaimana jika benda yang akan kita ukur bentuknya tidak beraturan, misalnya saja batu? untuk mengukurnya kita dapat menggunakan gelas ukur. Oke deh sampai disini dulu ya pembahasannya, Selamat belajar, SUKSES !

About these ads

79 Balasan ke Besaran Pokok dan Besaran Turunan

  1. M Dzaki 7.4 mengatakan:

    pak soal re mid nya mudah ya pak

  2. Makasih ya pak,infonya ..

  3. nagaari isabrani mengatakan:

    makasi pak infonya,, tapi kalau alat untuk mengukur kuat arus listrik, jumlah zat, dan intensitas cahaya itu bgmn pak?

  4. hana mengatakan:

    thanks yach atas pemberiatahuannya,,,
    moga berguna bagi orang banyak

  5. mada mengatakan:

    WOOOOOOOOOHOOOOOOOOOOOO

  6. reikaazil mengatakan:

    bagus, dilengkapi lagi yahhhh………..

  7. Hijriyach HijHe mengatakan:

    alat ukur kuat arus listrik,intensitas cahay, dan jumlah zat itu apa ya ?

  8. auliaaaannd mengatakan:

    wahh berguna juga yaa infinya sangat berguna *thumbup* ^^

  9. adriansah mengatakan:

    apah si arti besaran

  10. indah mengatakan:

    ascumt,, q mo tya, prbedaan’a besaran pokok dan besaran turunan i2 ap ea???

    • Orihime mengatakan:

      besaran pokok adlh besaran yg satuannya telah di tetapkan terlbh dahulu. kalau besaran turunan adlh besaran yg satuannya diturunkan dr satuan besaran pokok.

  11. indah nheza mengatakan:

    makasih yach, atas infonya???
    n” tolong kasih tau saya tentang lebih jelasnya,,, ukuran suhu….

  12. Orihime mengatakan:

    kok di buku besaran turunan itu Luas, Volume, Percepatan, Gaya, Tekanan, dan usaha.Tapi makasih aku jadi tau yg bnr

  13. vega orihime mengatakan:

    apa saja sich alat utk mengukur massa?? dan apa saja jenis neraca

  14. tia rahmi pradani mulya mengatakan:

    Makasih atas informasi nya ea pak………….
    mga2 brgna…………..

  15. nadya ramadhanti mengatakan:

    apa si fungsi besaran?

  16. ida puspita mengatakan:

    mkash atas info2x tntang m5alh kimha

  17. aqu mengatakan:

    kalo alat ukur intensitas cahaya dan jumlah zat ??

  18. Budianto eldist mengatakan:

    Klo,bsarn turunan model $oal un x d brapa ya…?

  19. ilham mengatakan:

    alhamdulillah..??
    banyak situs tempat untk belajar

  20. rizal mengatakan:

    thanks yah artikel nya
    berkat artikel ini gw jdi bisa ngapalin

  21. gabriella felicia mengatakan:

    bagus bnget penjelasannnya …makasih

  22. megga mengatakan:

    bagus skali ini membantu saya dalam mengerjakan tgs dgn cpt tapi sayang besaran turunannya cma ada 7 sdangkan d tgaskan hrus ada 15 :D

  23. so helpful my homework,,,:)

  24. Ieiz Risfanda mengatakan:

    magnetik fluks itu apa ya???

  25. Lina mengatakan:

    besaran turunan lainnya kan bisa Kalor, Tekanan, Percepatan, Berat, Tegangan listrik, Voltase,
    mmm Energi, masuk gk y ??? hhehehe ^_^

  26. alya ika nur afifah mengatakan:

    bingungggggggggggg………….

  27. fitrieanne mengatakan:

    berkat ini jaddi paham………………………………

  28. dadang ajah deh mengatakan:

    pr nya selesai makasih ya,,thank’s

  29. Anggi Dwika Isabella mengatakan:

    Bagaimana pendapatmu jika mengukur tinggi pintu dengan menggunakan pensil?

    • Dewana Pinasthika mengatakan:

      Mungkin saja diukur dgn Pensil dulu pensilnya diukur dgn penggaris nanti tinggal di kali jika pensil nya 12 cm jarak dari atas – bawah di hitung baru tinggal di kali.

  30. elpa mega mengatakan:

    Ini membantuku sekali………….Thank”s

  31. Adit.agil mengatakan:

    Pak kenapa alat ukurx kurang lengkap…?

  32. risa mengatakan:

    PR saya semuanya ga ada yg kykdi buku

  33. Dina Sri mengatakan:

    makasih yah atas ilmu nya. jdi bertambah deh.tpi saya kurang mengerti pelajaran IPA Fisika.saya akan berusaha belajar. :D selalu semangat.

  34. Dewana Pinasthika mengatakan:

    Terimakasih ini membuat saya Terbantu.. :)

  35. firma smpn 6 batam mengatakan:

    sudah siap deh prnya makasih ya

  36. Maya mengatakan:

    It’s very good :-)

  37. DUNIA REMAJA KINI :) mengatakan:

    Makasih atas infonya :)
    Bisa menambah ilmu,

    Bingungnya ngukur suhu, kalau 32 derajat Celcius, Kelvinnya berapa ya ??

  38. hanifah mengatakan:

    cari di buku fisika GiancoLi???
    insyaallah ada,hahaha

  39. harry mengatakan:

    alat ukur nya ngak ada,ngak seru ni….

  40. RIfdi Andzar Nazhara mengatakan:

    Celcius ke Reamur : 4/5 x Derajat celcius
    Reamur ke Celcius : 5/4 x Derajat Reamur
    Celcius ke Fahrenheit : (9/5 x Derajat celcius) + 32
    Fahrenheit ke celcius : 5/9 x (Derajat fahrenheit – 32)
    Kelvin ke celcius : Derajat kelvin – 273
    Celcius ke kelvin : Derajat celcius + 273

  41. sandi ekwantoro mengatakan:

    Bermanfaat gan
    joss

  42. Manuella Manik mengatakan:

    waaww…………………….. lengkap sekali,yahhhhhhhhhhhhhhh………………..

  43. mus camex'c taqim mengatakan:

    thanks y pak bwt informasinya

  44. nika lase mengatakan:

    wiwww very very good

  45. Ringga septia pribadi mengatakan:

    Gmana sh cri dmensi besaran pokok

  46. eva nuriyah mengatakan:

    wah kok contoh besaran pokoknya belum lengkap y………………

  47. alvina tantriati mengatakan:

    mengapa besaran tanpa satuan dapat membingungkan orang? harap jelaskan :)

  48. ikka mengatakan:

    apa yahhhh mengapa dibuat satuan2 standar misallnya kilogram standar dan satu meter standar ????? bingunggggg

  49. erni syahfitri mengatakan:

    besaran pokoknya kurang good (y)

  50. Nurhikma Icha mengatakan:

    thanks,,, :)

  51. rastinah rahman mengatakan:

    1Cm brpa mikrometer ??

  52. ayu dewi safitri mengatakan:

    pak please dijawab ini penting tugas sekolah:sebutkan definisi besaran pokok dan besaran turunan beserta contohnya masing-masing! thank you atas informasinya ya pak

  53. Hesti Aprilia mengatakan:

    Intensitas Cahaya (Lightmeter)

  54. harzen mengatakan:

    pak aku mau nanya
    coba dulu buktikan bahwa keliling bola = 4 fi steradian
    bingung aku?

  55. adjie putra pratama mengatakan:

    gak ngerti

  56. desy nathaliya mengatakan:

    gak ngerti?
    jelasin dong !

  57. i am the law mengatakan:

    anjix babon goblog tai aing te ngarti goblok

  58. machella shevany mengatakan:

    makasih infonya :)

  59. bayunugraha mengatakan:

    kalo yang tidak termasuk besaran apa?

  60. rani mahdalena mengatakan:

    mksiih ilmu nyy :) :) (y)

  61. ricky wijaya mengatakan:

    bro pinjem bwt di copas ke blog saya sbntar gpp kan?

  62. farhan mengatakan:

    Thank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: